Home » Informasi Berguna Tentang Gear Pump
Uncategorized

Informasi Berguna Tentang Gear Pump

Internal Gear Pump

Apa itu gear pump?

gear pump merupakan tipe pompa perpindahan positif( PD). Ini memindahkan cairan dengan kesekian kali menutup volume senantiasa memakai roda gigi ataupun roda gigi yang silih mengunci, mentransfernya secara mekanis memakai aksi pemompaan siklik. Ini membagikan aliran leluasa pulsa yang halus sebanding dengan kecepatan rotasi roda giginya.

Gimana metode kerja gear pump?

gear pump memakai aksi memutar roda gigi ataupun roda gigi buat mentransfer cairan. Elemen berbalik meningkatkan segel cair dengan casing pompa serta menghasilkan hirup di saluran masuk pompa.

Fluida, yang ditarik ke dalam pompa, dimasukkan ke dalam rongga- rongga roda gigi yang berbalik serta dipindahkan ke pembuangan. Terdapat 2 desain bawah gear pump: eksternal serta internal( Foto 1).

Eksternal gear pump

Eksternal gear pumpterdiri dari 2 roda gigi yang identik serta silih terpaut yang didukung oleh poros terpisah. Biasanya, satu gigi digerakkan oleh motor serta ini menggerakkan gigi yang lain( idler). Dalam sebagian permasalahan, kedua poros bisa digerakkan oleh motor. Poros didukung oleh bantalan di tiap sisi casing.

Dikala roda gigi keluar dari jaring di sisi saluran masuk pompa, mereka menghasilkan volume yang diperluas. Cairan mengalir ke dalam rongga serta terperangkap oleh gigi roda gigi dikala roda gigi terus berbalik melawan casing pompa.

Cairan yang terperangkap dipindahkan dari inlet, ke discharge, di dekat casing.

Dikala gigi- gigi roda gigi jadi silih bertautan di sisi pelepasan pompa, volumenya menurun serta cairan dituntut keluar di dasar tekanan.

Tidak terdapat cairan yang ditransfer kembali lewat pusat, di antara roda gigi, sebab mereka silih bertautan. Toleransi yang dekat antara roda gigi serta casing membolehkan pompa buat meningkatkan hisapan di saluran masuk serta menghindari cairan bocor kembali dari sisi pelepasan( meski kebocoran lebih bisa jadi terjalin pada cairan dengan viskositas rendah).

Desain Eksternal gear pumpbisa memakai roda gigi spur, heliks, ataupun herringbone.

Internal gear pump

Internal gear pump beroperasi dengan prinsip yang sama namun 2 roda gigi yang silih mengunci mempunyai dimensi yang berbeda dengan satu berbalik di dalam yang lain. Roda gigi yang lebih besar( rotor) merupakan roda gigi internal ialah mempunyai gigi yang menonjol di bagian dalam.

Di dalamnya ada roda gigi eksternal yang lebih kecil( idler– cuma rotor yang digerakkan) yang dipasang di luar pusat. Ini dirancang buat silih mengunci dengan rotor sedemikian rupa sehingga gigi- gigi gir bergerak pada satu titik. Suatu pinion serta bushing yang terpasang pada casing pompa menahan idler pada letaknya.

Partisi ataupun spacer berupa bulan sabit senantiasa mengisi kekosongan yang terbuat oleh posisi pemasangan idler yang tidak terletak di tengah serta berperan selaku segel antara port masuk serta keluar.

Baca juga : Pump Artinya ? Berikut Penjelasanya

Dikala roda gigi keluar dari jaring di sisi saluran masuk pompa, mereka menghasilkan volume yang diperluas. Cairan mengalir ke dalam rongga serta terperangkap oleh gigi roda gigi dikala roda gigi terus berbalik melawan casing pompa serta partisi.

Cairan yang terperangkap dipindahkan dari inlet, ke discharge, di dekat casing.

Dikala gigi- gigi roda gigi jadi silih bertautan di sisi pelepasan pompa, volumenya menurun serta cairan dituntut keluar di dasar tekanan.

Desain internal gear pump cuma memakai roda gigi pacu.

Apa saja fitur serta khasiat utama dari gear pump?

gear pump kompak serta simpel dengan jumlah bagian yang bergerak terbatas. Mereka tidak bisa menandingi tekanan yang dihasilkan oleh pompa reciprocating ataupun laju aliran pompa sentrifugal namun menawarkan tekanan serta throughput yang lebih besar daripada pompa baling- baling ataupun lobus. gear pump sangat sesuai buat memompa minyak serta cairan viskositas besar yang lain.

Dari 2 desain, Eksternal gear pumpsanggup mempertahankan tekanan yang lebih besar( sampai 3000 psi) serta laju aliran sebab sokongan poros yang lebih kaku serta toleransi yang lebih dekat. internal gear pump mempunyai keahlian hirup yang lebih baik serta sesuai buat cairan dengan viskositas besar, walaupun mereka mempunyai rentang pembedahan yang bermanfaat dari 1cP sampai lebih dari 1. 000. 000cP.

Sebab output berbanding lurus dengan kecepatan rotasi, gear pump umumnya digunakan buat pembedahan pengukuran serta pencampuran. gear pump bisa direkayasa buat menanggulangi cairan kasar.

Walaupun biasanya dibuat dari besi tuang ataupun baja tahan karat, paduan serta komposit baru membolehkan pompa menanggulangi cairan korosif semacam asam sulfat, natrium hipoklorit, besi klorida, serta natrium hidroksida.

Eksternal gear pumppula bisa digunakan dalam aplikasi tenaga hidrolik, umumnya pada kendaraan, mesin pengangkat, serta perlengkapan pabrik bergerak. Menggerakkan gear pump secara terbalik, memakai oli yang dipompa dari tempat lain dalam sesuatu sistem( umumnya oleh pompa tandem di mesin), menghasilkan motor hidrolik.

Ini sangat bermanfaat buat sediakan energi di zona di mana perlengkapan listrik berdimensi besar, mahal, ataupun tidak aman. Traktor, misalnya, mengandalkan Eksternal gear pumpyang digerakkan mesin buat berikan energi pada layanan mereka.

Apa batas gear pump?

gear pump merupakan pemancing otomatis serta bisa mengangkut kering walaupun ciri pemancingannya bertambah bila roda gigi dibasahi. Roda gigi butuh dilumasi oleh cairan yang dipompa serta tidak boleh kering dalam waktu lama.

Sebagian desain gear pump bisa dijalankan di kedua arah sehingga pompa yang sama bisa digunakan buat muat serta merendahkan muatan kapal, misalnya.

Toleransi yang dekat antara roda gigi serta selubung berarti kalau tipe pompa ini rentan terhadap keausan paling utama apabila digunakan dengan cairan abrasif ataupun umpan yang memiliki padatan yang terperangkap.

Tetapi, sebagian desain gear pump, spesialnya varian internal, membolehkan penindakan padatan. Eksternal gear pumpmempunyai 4 bantalan di media yang dipompa, serta toleransi yang ketat, sehingga kurang sesuai buat menanggulangi cairan abrasif.

internal gear pump lebih kokoh sebab cuma mempunyai satu bantalan( kadang- kadang 2) berjalan dalam cairan. pompa gigi wajib senantiasa mempunyai saringan yang dipasang di sisi isap buat melindunginya dari barang padat yang besar serta berpotensi mengganggu.

Biasanya, bila pompa diharapkan buat menanggulangi padatan abrasif, dianjurkan buat memilah pompa dengan kapasitas yang lebih besar sehingga bisa dioperasikan pada kecepatan yang lebih rendah buat kurangi keausan.

Tetapi, wajib diingat kalau efisiensi volumetrik dari pompa gigi menurun pada kecepatan serta laju aliran yang lebih rendah. gear pump tidak boleh dioperasikan sangat jauh dari kecepatan yang dianjurkan.

Buat aplikasi temperatur besar, berarti buat membenarkan kalau kisaran temperatur pengoperasian cocok dengan spesifikasi pompa.

Perluasan termal dari casing serta roda gigi kurangi jarak leluasa di dalam pompa serta ini pula bisa menimbulkan kenaikan keausan, serta dalam permasalahan ekstrim, kegagalan pompa.

Terlepas dari aksi penangkalan terbaik, gear pump biasanya menyerah pada keausan roda gigi, selubung, serta bantalan bersamaan waktu. Dikala jarak leluasa bertambah, terdapat pengurangan bertahap dalam efisiensi serta kenaikan slip aliran: kebocoran cairan yang dipompa dari pelepasan kembali ke sisi isap.

Slip aliran sebanding dengan pangkat 3 jarak leluasa antara gigi gerigi serta casing sehingga, dalam praktiknya, keausan mempunyai dampak kecil sampai titik kritis tercapai, di mana kinerja menyusut dengan kilat.

pompa gigi terus memompa melawan tekanan balik serta, bila hadapi penyumbatan hilir hendak terus memencet sistem hingga pompa, pipa, ataupun perlengkapan yang lain kandas.

Walaupun sebagian besar pompa gigi dilengkapi dengan katup pelepas sebab alibi ini, senantiasa dianjurkan buat memasang katup pelepas di tempat lain dalam sistem buat melindungi perlengkapan hilir.

internal pompa gigi, yang beroperasi pada kecepatan rendah, biasanya lebih disukai buat cairan yang sensitif terhadap geser semacam bahan santapan, cat, serta sabun.

Kecepatan yang lebih besar serta jarak leluasa yang lebih rendah dari desain roda gigi eksternal buatnya tidak sesuai buat aplikasi ini. internal pompa gigi pula lebih disukai kala kebersihan berarti sebab kesederhanaan mekanisnya serta kenyataan kalau mereka gampang dibongkar, dibersihkan, serta dipasang kembali.

Apa aplikasi utama buat gear pump?

Gear pump umumnya digunakan buat memompa cairan dengan viskositas besar semacam minyak, cat, resin ataupun bahan santapan.

Mereka lebih disukai dalam aplikasi apa juga di mana dosis yang akurat ataupun keluaran tekanan besar dibutuhkan.

Keluaran dari gear pump tidak sangat dipengaruhi oleh tekanan sehingga mereka pula cenderung lebih disukai dalam suasana apapun di mana suplai tidak tertib.

Ringkasan

gear pump menggerakkan cairan dengan kesekian kali memasukkan volume senantiasa dalam roda gigi ataupun roda gigi yang silih mengunci, mentransfernya secara mekanis buat menciptakan aliran leluasa pulsa yang halus sebanding dengan kecepatan putaran roda giginya.

Terdapat 2 jenis bawah: eksternal serta internal. Eksternal gear pumpterdiri dari 2 roda gigi yang identik serta silih terpaut yang didukung oleh poros terpisah. internal gear pump mempunyai 2 roda gigi yang silih mengunci dengan dimensi berbeda dengan satu berbalik di dalam yang lain.

Gear pump umumnya digunakan buat memompa cairan dengan viskositas besar semacam minyak, cat, resin ataupun bahan santapan. Mereka pula lebih disukai dalam aplikasi di mana dosis yang akurat ataupun output tekanan besar dibutuhkan.

Eksternal gear pumpsanggup mempertahankan tekanan yang lebih besar( sampai 7500 psi) sebaliknya internal gear pump mempunyai keahlian hirup yang lebih baik serta lebih sesuai buat cairan dengan viskositas besar serta sensitif terhadap geser.

 

About the author

Rasya

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published.

Category